6 Makanan rekomendasi bagi penderita diabetes, untuk konsultasi masalah luka anda di nci pulau derawan 085250575811

Tekanan darah rendah atau dikenal pula dengan istilah hipotensi adalah kondisi di mana seseorang memiliki tekanan darah sebesar 90/60 mmHg atau bahkan lebih rendah dari jumlah tersebut. Berikut rangkumannya dalam ulasan 6 Makanan rekomendasi bagi penderita diabetes, untuk konsultasi masalah luka anda di nci pulau derawan 085250575811

Beberapa tanda atau gejala yang dialami oleh penderita darah rendah, meliputi pusing, tidak seimbang ketika berdiri, pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, lemas, hingga mual dan muntah.

Pada orang sehat, tekanan darah rendah yang tidak menimbulkan gejala biasanya tidak berbahaya dan tidak perlu diobati.

Akan tetapi, pada beberapa orang lainnya, tekanan darah rendah dapat menyebabkan pingsan. Bahkan dalam kasus yang parah, dapat mengancam nyawa.

============== WATCH THIS VIDEO ==============

Maka dari itu, makan makanan untuk penderita darah rendah dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga tekanan darah dalam kondisi stabil.

Jenis-jenis makanan untuk penderita darah rendah

Makan makanan jenis tertentu dapat membantu meningkatkan tekanan darah Anda. Berikut adalah berbagai macam makanan untuk penderita darah rendah yang dapat dikonsumsi:

  1. Makanan kaya akan vitamin B12

Kekurangan asupan vitamin B12 dalam tubuh dapat menyebabkan anemia. Hal ini yang mengakibatkan tekanan darah Anda menjadi rendah.

Jenis makanan untuk penderita darah rendah yang mengandung banyak vitamin B12, termasuk telur, sereal, produk yang terbuat dari susu, dan daging merah.

  1. Makanan tinggi folat

Jenis makanan untuk penderita darah rendah yang dapat dimakan adalah sayuran berwarna hijau (sawi, brokoli, bayam), buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, daging merah, ayam, makanan laut (seafood), telur, dan susu.  

  1. Makanan yang asin

Para ahli medis menganjurkan untuk membatasi asupan garam dalam makanan Anda. Akan tetapi, bagi penderita tekanan darah rendah, makanan yang asin dapat membantu meningkatkan tekanan darah.

Beberapa contoh makanan yang asin, seperti makanan kalengan, ikan asin, dan makanan lain yang ditambahkan garam.

Namun, pada orang dewasa tua, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menyebabkan gangguan jantung dan ginjal. Karena itu, penting untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum menambahkan garam ke dalam makanan Anda.

  1. Makanan rendah karbohidrat

Bagi Anda penderita tekanan darah rendah, sebaiknya batasi asupan karbohidrat, seperti, nasi, kentang, dan roti. Makanan tinggi karbohidrat, terutama karbohidrat olahan, lebih cepat dicerna oleh tubuh sehingga menyebabkan tekanan darah Anda semakin rendah.

Sebagai solusinya, Anda dapat mengonsumsi sayur-sayuran hijau, buah-buahan, daging merah, ikan, dan ayam.

  1. Makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kandungan kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung untuk sementara waktu. Anda dapat menemukannya pada cokelat, teh, dan kopi.

  1. Makanan yang mengandung banyak air

Makanan untuk penderita darah rendah yang sebaiknya dikonsumsi adalah mengandung banyak air.

Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak air, di antaranya buah-buahan (semangka, stroberi, jeruk, tomat, paprika, mentimun, anggur), selada, seledri, dan yogurt tanpa rasa.

Selain itu, penderita darah rendah juga disarankan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup.

Berbagai makanan untuk penderita darah rendah di atas dapat Anda makan. Namun, ingat, Anda tetap disarankan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Selain itu, makanlah makanan-makanan tersebut dalam porsi kecil, tetapi dengan frekuensi yang lebih sering. Makan dalam porsi yang besar dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara drastis karena tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. 

Walaupun demikian, jika keadaan ini mulai mengganggu kegiatan Anda, perlu dicari penyebab utamanya.

BILA ANDA LUKA SEGERA HUBUNGI

PUSAT PERAWATAN LUKA NCI CENTRE KALIMANTAN
KONSULTASI GRATIS

KLIK DI SINI

 

Klik DI SINI untuk mendownload slide persentasi APETNA2019

Baca Juga Artikel Lainnya :

Berapa kadar gula normal? yuk cari tau

Waspadai peningkatan Diabetes melitus di Perkotaan

Tinggalkan Balasan