Penanganan malnutrisi pada anak?,untuk konsultasi masalah luka anda di nci loajanan 085250575811

Bagaimana cara menangani malnutrisi? Apakah anda punya anak,atau tetangga,atau keluarga yang mengalami malnutrisi,,untuk konsultasi masalah luka anda di nci loajanan 085250575811

Perawatan biasanya meliputi penggantian gizi yang hilang, mengatasi gejala, dan mengelola penyebabnya.

Jika anak sudah didiagnosis malnutrisi atau berisiko mengalami malnutrisi, dokter atau ahli gizi akan memberikan rencana perawatan khusus.

Penanganan Untuk Gizi Kurang

Cara mengatasi kurang gizi biasanya disesuaikan kembali dengan tingkat keparahan dan kondisi khusus yang dialami masing-masing anak. Secara garis besarnya, berikut berbagai pengobatan untuk kondisi anak dengan gizi kurang:

===============================Watch this Video==========================

Rencana perawatan

Tujuan perawatan akan ditentukan, yang meliputi perawatan untuk kondisi penyebab yang berkontribusi terhadap gizi kurang. Umumnya, perawatan akan meliputi program makan dengan diet yang diatur secara khusus, dan kemungkinan suplemen gizi tambahan.

Anak yang mengalami kurang gizi serius, atau individu yang tidak dapat mendapatkan gizi yang cukup dapat menerima dukungan gizi tambahan. Pasien akan dimonitor untuk melihat perkembangan. Perawatan akan ditinjau secara rutin untuk memastikan gizi yang didapat cukup.

Pengaturan pola makan

Dokter dan ahli gizi akan memberikan saran mengenai yang tepat sesuai dengan kondisi pasien. Tujuannya adalah untuk memastikan pasien mendapatkan makanan yang sehat dan bergizi. Apabila pasien tidak mendapatkan gizi yang cukup dari makanan, biasanya diperlukan tambahan dari suplemen.

Ada 2 jenis utama dari dukungan gizi buatan, terutama untuk pasien dengan malnutrisi serius:

  • Enteral nutrition (tube feeding): selang dimasukan melalui hidung, lambung atau usus kecil.
  • Parenteral feeding: cairan steril diberikan melalui aliran darah. Beberapa pasien mungkin tidak dapat mengonsumsi langsung gizi ke dalam lambung atau usus kecil.

Pemantauan secara berkala

Kesehatan anak akan dipantau secara rutin untuk melihat apakah ia menerima jumlah kalori dan kebutuhan gizi yang cukup. Di samping itu, seiring berjalannya waktu pengobatan dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan anak.\

Penanganan Untuk Gizi berlebih

Berdasarkan buku Penuntun Diet Anak yang diterbitkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ada cara mengatasi malnutrisi akibat gizi lebih pada anak.

Pertama, kebutuhan energi harian anak harus disesuaikan dengan berat badan ideal dan tinggi badannya. Dengan mempertimbangkan total asupan dan berat badan anak, sebaiknya kurangi asupan energi hingga 200-500 kkal per hari.

Anak usia 0-3 tahun

Malnutrisi karena gizi lebih pada anak di usia ini biasanya tidak harus sampai mengurangi asupan kalorinya, tapi hanya dengan menurunkan berat badan yang berlebih.

Dokter atau ahli gizi dapat merancang saran menu harian untuk mengurangi asupan kalori ketika diperlukan. Tujuannya untuk mencegah kekurangan zat gizi.

Anak usia 4-6 tahun

Asupan energi diberikan sesuai kebutuhan, dengan mengembalikan pola makan yang tepat sesuai usianya. Total kalori yang harus dipangkas yakni sekitar 200-300 kkal.

Hal ini disesuaikan kembali dengan asupan makanan harian sampai sesuai dengan kebutuhan dan berat badan ideal. Hanya saja, aturan ini hanya bisa dilakukan di bawah pengawasan ketat dokter dan ahli gizi.

Anak usia 7-19 tahun

Target penurunan berat badan anak sudah mulai bisa direncanakan setiap kali melakukan pemeriksaan ke dokter atau ahli gizi. Penurunan berat badan umumnya disarankan sekitar 1-2 kg setiap bulannya. Sedangkan untuk asupan kalori, sebaiknya dikurangi secara bertahap sekitar 300-500 kalori dari makanan harian.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan-perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi malnutrisi?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi malnutrisi:

Penanganan Gizi Kurang Di Rumah :

  • Dorong anak terdekat untuk makan makanan bergizi. Misalnya dengan menambahkan peanut butter, buah, atau sayur di atas pada roti. Taburkan kacang yang dicincang halus atau gandum pada yogurt, buah, dan sereal. Tambahkan susu rendah lemak sebagai campuran scrambled eggs dan omelet.
  • Buatlah makanan menjadi semenarik mungkin. Dengan begitu, anak jadi lebih semangat untuk menyantap dan menghabiskan makanannya.
  • Buatlah cemilan di antara makan: Sepotong buah atau keju, sesendok peanut butter atau smoothie buah dapat memberikan gizi dan kalori.

Penanganan Gizi Lebih Di Rumah :

  • Lakukan aktivitas fisik rutin. Rutin beroahraga setiap hari, bahkan yang terbilang ringan, dapat menstimulasi nafsu makan dan memperkuat tulang serta otot.
  • Atur waktu makan dengan baik. Jika terbiasa makan kapan pun saat merasa lapar, kini hindari hal tersebut. Ajarkan anak untuk makan sebanyak 3 kali sehari, dengan pemberian camilan sehat di antara waktu makan. Pastikan porsi makanan untuk anak sesuai dengan anjuran dari dokter dan ahli gizi.

Pencegahan

Bagaimana cara mencegah malnutrisi?

Sebenarnya cara mencegah malnutrisi pada anak, baik itu karena gizi kurang atau lebih cenderung sama. Intinya yaitu dengan makan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Tak lupa, pastikan kebutuhan zat gizi harian terpenuhi dengan baik, tidak kurang atau berlebih.

Selain itu, berikut cara yang bisa dilakukan untuk mencegah malnutrisi pada anak-anak:

  • Makan dalam porsi yang cukup, tidak kurang dan juga lebih.
  • Usahakan asupan makanan harian mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral.
  • Makan aneka ragam makanan dan minuman bergizi.
  • Pilih camilan sehat sebagai pengganjal perut di sela-sela makan.

BILA ANDA LUKA SEGERA HUBUNGI

PUSAT PERAWATAN LUKA NCI CENTRE KALIMANTAN
KONSULTASI GRATIS

KLIK DI SINI

 

Baca juga artikel terkait :

Gizi kurang atau Gizi lebih?

Faktor pencetus malnutrisi pada anak?

Tinggalkan Balasan