Sikap peduli korban banjir samarinda oleh perawat luka InWCCA, yuk konsultasi masalah luka anda di nci centre sungai kunjang di 085250575811

Musim penghujan tiba sudah siap kah kalian yang tinggal di kota-kota besar seperti samarinda dalam menghadapi kemungkinan besar banjir?, tentunya banjir merupakan sesuatu yang takterhindari saat musim penghujan tiba di kota-kota besar seperti Samarinda. Kalini banjir mengundang Sikap peduli korban banjir samarinda oleh perawat luka InWCCA, yuk konsultasi masalah luka anda di nci centre sungai kunjang di 085250575811

 

Banjir merupakan bencana alam yang sering terjadi di berbagi kota di indonesia ketika hujan mengguyur dalam waktu yg cukup lama. Bajir juga sangat di takutkan jika berlangsung lama serta ketinggia air sampai mengancam jiwa, banjir juga dapat membawa beberapa sumber penyakit seperti diare, malaria, demam berdarah (DBD), demam tifoid (tipes), kolera dan penyakit lainnya.

 

Saat ini kota samarinda dan sekitar nya sering tergutur hujan yang di mana ketika hujan turum dalam waktu lama akan mengakibatkan meluap air suang dan beberapa bendungan di kota samarinda tidak dapat menahannya dan beberapa titik di Kalimantan timur khususnya kota samarinda dan sekitarnya tergenang banjir.

 

Banjir yang menggenang beberapa titik di Kalimantan timur khususnya di kota samarinda dan sekitarnya ini membuat beberapa ormas serta kumpulan gabungan masyarakat untuk membuka posko penanggulangan korban banjir, dan tidak hanya itu tenaga kesehatan dari berbagai profesi juga ikut serta dalam membuka posko penanggulangan korban banjir di kota samarinda.

Beriku Video Komitmen NCI Centre dalam melakukan perawatan stoma sumber video NCI Centre Kalimantan

Tentungan mendengar bencana banjir yang menerjang kota samarinda dan sekitarnya ini menggerakkan teman-teman perawatb luka InWCCA yaitu suatu ikatan perawat luka indinesia yang berada di kota samarinda membuka posko penanggulangan korban banjir di beberapa titik yang terkena banjir. Relawan perawata luka itu sendiri terdiri dari beberapa teman-teman perawat luka dari klinik kota samarinda yang tergabung dalam satu ikatan InWCCA.

 

Gerakan ini di pimpin oleh Ns Hamka, M.Kep., RN., WOC(ET)N selaku COE NCI Centre Kalimantan serta di ikuti oleh COE dari Diamond Care samarinda sebrang Ns Fenny Tianda, S.Kep., WOC(ET)N dan rekan perawat luka dari rumah sakit di kota samarinda yang terdiri dari 17 orang relawan perawat luka di kota samarinda.

 

Dengan membuka posko penanggulangan korban banjir tim relawan perawat luka InWCCA membuka layanan perawatan luka gratis bagi korban banjir. Dari pembukaan posko penanggulangan korban banjir ini di dapat :

 

Karakteristik Korban : Jumlah : 32 Pasien Jenis Luka : Luka Akut (70%), Luka Kronis (30%)

 

Etiologi/Penyebab : Luka Tusukan Paku, Luka goresan Beling, Luka Goresan Seng, Abses/Bisul, Luka Kecelakaan, Luka Bakar, Luka Kusta, Luka Kaki Diabetes

 

Jenis Kelamin : Pria (80%), Wanita (20%)

 

Usia : Dewasa (65%), Anak (35%)

 

Status Kesembuhan :

  1. Pasien Sembuh (70%)
  2. Referal Ke Pelayanan Kesehatan Primer Puskesmas dan Lanjutan RS (25%)
  3. Belum sembuh dan dalam control rawatan lanjutan di Posko Perawatan luka InWCCA (5%)

 

Sebab Referal : 25% (5 Pasien) diperlukan perbaikan kondisi seperti perlu jahitan, perlu suntikan Tetanus Toxoid

 

Wilayah Korban :

  1. Pemukiman Griya Mukti
  2. Pemukiman Bengkuring
  3. Pemukiman Rui Rahayu
  4. Pemukiman Temindung
  5. Pemukiman Sidodadi

 

Berdasarkan data laporan team relawan penanggulangan korban banjir InWCCA kota samarinda 17 juni 2019

BILA ANDA LUKA SEGERA HUBUNGI

PUSAT PERAWATAN LUKA NCI CENTRE KALIMANTAN
KONSUL GRATIS

KLIK DI SINI

Baca Juga Artikel Lainnya :

Peduli korban banjir perawat luka InWCCA di kota samarinda

Musim penghujan telah tiba 6 penyakit yang mengintai di balik banjir

 

Tinggalkan Balasan