Berapa kadar gula normal? yuk cari tau ,untuk konsultasi masalah luka anda di nci gunung tabur 085250575811

Gula darah atau glukosa adalah unsur yang penting untuk kesehatan tubuh karena merupakan sumber energi yang penting bagi sel yang membangun otot dan jaringan. Tidak hanya itu, gula darah juga merupakan bahan bakar utama untuk otak.

Tapi, apa kalian tahu berapa kadar gula darah normal yang harus dimiliki? Sebenarnya tidak ada angka baku yang menjadi patokan kadar gula darah normal. Pasalnya level ini bisa berubah kapan saja seperti sebelum atau sesudah makan. Berikut rangkumannya dalam ulasan Berapa kadar gula normal? yuk cari tau ,untuk konsultasi masalah luka anda di nci gunung tabur 085250575811

 

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana kadar gula darah yang normal, baik pada wanita maupun pria. Berikut adalah kadar gula normal beserta cara menjaganya :

=============== WATCH THIS VIDEO ===============

1. Kadar Gula Darah Normal

Untuk seseorang yang tidak menderita diabetes jenis apa pun, kadar gula darah yang normal berada di kisaran 70-130 mg/dL. Tapi seperti dijelaskan di atas, angka ini bisa berubah-ubah tergantung waktu dan waktu makan terakhir.

Berdasarkan data American Diabetes Association, kisaran kadar gula darah normal untuk orang tanpa diabetes adalah sebagai berikut:

– Pagi hari sebelum makan: di bawah 100 mg/dL

– Satu jam setelah makan: sekitar 90-130 mg/dL

– Dua jam setelah makan: sekitar 90-110 mg/dL

– Lima jam setelah makan: sekitar 70-90 mg/dL

2. Ciri-ciri Gula Darah Tinggi

Menjaga kadar gula darah agar tetap normal penting dilakukan. Pasalnya jika gula darah terlalu rendah atau terlalu tinggi bisa berakibat negatif pada kesehatan tubuh.

Gula darah terlalu tinggi atau hiperglikemia sendiri merupakan kondisi di mana kadar gula darah mencapai lebih dari 200 mg/dL. Kadar gula darah yang terlalu tinggi, terutama bagi penderita diabetes, bisa berujung pada penyakit berbahaya.

Beberapa ciri-ciri tingginya kadar gula darah antara lain berat badan menurun, nafsu makan meningkat, mudah lelah, haus, sering buang air kecil, mudah gelisah, penglihatan kabur, kulit kering dan infeksi gigi.

3. Ciri-ciri Gula Darah Rendah

Kondisi gula darah terlalu rendah biasanya disebut hipoglikemia. Kondisi ini ditandai dengan kadar gula darah yang turun hingga di bawah 70 mg/dL.

Beberapa ciri-ciri kadar gula darah terlalu rendah antara lain mudah lemas, kulit pucat, kelelahan, gelisah, sulit konsentrasi, mudah marah, jantung berdebar dan kesemutan di area mulut.

4. Cara Menjaga Gula Darah Normal

Untuk mencegah kadar gula darah menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah, kita harus selalu menjaga kadar gula darah dalam batas normal. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, kalian bisa coba lakukan cara-cara berikut:

– Rutin Berolahraga

Kalian bisa menstabilkan kadar gula darah dengan olahraga rutin dengan durasi setidaknya 2,5 jam per minggu. Kalian bisa melatih otot tubuh karena peranannya dalam menggunakan dan menyimpan gula darah sangat besar. Hal ini bisa membantu kadar gula darah tetap normal.

– Makan Tepat Waktu

Jangan lewatkan jam makan terutama sarapan di pagi hari. Jika lupa sarapan, rasa lapar akan menumpuk dan di jam makan berikutnya kalian akan makan berlebihan yang berdampak pada naiknya gula darah.

Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal makan tiga kali sehari dengan diselingi camilan sehat dan bernutrisi.

– Perhatikan Asupan Karbohidrat

Untuk menjaga kadar gula darah dalam batas aman, sebaiknya kurangi konsumsi karbohidrat. Sebisa mungkin konsumsi sumber karbohidrat alternatif seperti ubi, pasta dari gandum utuh dan nasi merah.

– Sedia Cemilan Manis

Untuk mencegah kadar gula darah turun drastis, kalian bisa selalu sedia cemilan manis seperti permen untuk dikonsumsi. Tapi perlu diingat jangan dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

– Hindari Stres

Sebisa mungkin hindari stres karena kondisi ini bisa meningkatkan kadar gula darah. Cara menghindari stres bisa dilakukan dengan meditasi, yoga, relaksasi dan tidur yang cukup.

BILA ANDA LUKA SEGERA HUBUNGI

PUSAT PERAWATAN LUKA NCI CENTRE KALIMANTAN
KONSULTASI GRATIS

KLIK DI SINI

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Kapan sebaiknya cek tekanan darah?

Mau terhindari DM lakukan gaya hidup ini

Tinggalkan Balasan