Ibu Hamil Bolehkah Berpuasa?, yuk konsultasi masalah luka anda di nci centre samarinda kota di 085250575811

Perpuasa merupakan sebuah kewajiban yang harus di jalankan oleh umat muslim di seluruh dunia yang di mana jika di tinggalkan atau tidak di laksanankan wajib menggantinya di kemudian hari di luar bulan suci Ramadhan, Lalu apakah Ibu Hamil Bolehkah Berpuasa?, yuk konsultasi masalah luka anda di nci centre samarinda kota di 085250575811

 

Puasa sebentar lagi, pastinya semua umat Muslim ingin menunaikan ibadah dengan maskimal, termasuk ibu hamil. Puasa tapi takut nggak kuat, nggak puasa tapi sayang. Memang dilema bagi ibu berbadan dua.

Menurut dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK, syarat puasa bisa dilakukan oleh ibu hamil yang sudah memasuki trimester 2 dan 3. Sementara saat trimester 1 diperbolehkan dengan kondisi yang memungkinkan. Syarat yang berikutnya adalah status gizi sang ibu dalam keadaan baik.

Berikut Video Hukum Berpuasa Bagi Wanita Hamil Sumber dari Info Singkat

“status gizi harus baik karena waktu puasa yang dipakai cadangan di tubuh. Status gizi baik mencerminkan status cadangan gizi yang baik,” ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).

Ibu hamil yang masih di trimester 1 berisiko memengaruhi perkembangan janin. dr Juwalita menuturkan hasil penelitian yang dilakukan di tahun 2014 bahwa berat badan lahir bayi dari ibu yang berpuasa pada trimester 1 lebih rendah 272 gram daripada yang tidak berpuasa.

Maka dari itu, selain berkonsultasi pada dokter, ibu hamil yang ingin berpuasa juga harus memiliki rencana makan dengan komposisi yang seimbang, mulai dari karbohidrat hingga lemak.

Kalori yang diperlukan ibu hamil yang berpuasa pada trimester 1 adalah sekitar 180 kalori. Sedangkan pada trimester 2 dan 3 sekitar 300 kalori. Ibu hamil yang puasa juga harus menambahkan asupan air menjadi 300 ml.

dr Juwalita pun memberikan contoh rencana makan bagi ibu hamil yang ingin berpuasa mulai dari sahur hingga berbuka.

BILA ANDA LUKA SEGERA HUBUNGI

PUSAT PERAWATAN LUKA NCI CENTRE KALIMANTAN
085250575811

Baca Juga Artikel Lainnya :

  1. 4 cara Menjaga Agar Gula Darah Diabetesi Tetap Terkendali Saat Puasa
  2. 4 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Membuat Anda Gemuk di Bulan Puasa anda berisiko tinggi terkena DM

 

Tinggalkan Balasan