Sayur kol goreng? Baguskah bagi kesehatan?, yuk konsultasi masalah luka anda di nci centre loa janan ilir di 085250575811

Mengonsumsi sayur merupakan keharusan bagi kita untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Banyaknya sayur-sayuran yang dapat anda konsumsi, terutama sayur kol, mengandung vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, karbohidrat, protein, mangan, serat, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin B1 (thiamin). Bagaimana jika sayur kok jika di goreng?. Berikut rangkuman dalam ulasan Sayur kol goreng? Baguskah bagi kesehatan?, yuk konsultasi masalah luka anda di nci centre loa janan ilir di 085250575811

 

Kol goreng atau sayuran lain yang digoreng memang terbukti enak, meski jelas berisiko bagi kesehatan. Salah satu risiko yang kerap disebutkan adalah memicu timbulnya kanker.

Makanan ini dikatakan mengandung senyawa amina heterosiklik yang bersifat karsinogenik. Senyawa ini biasanya diperoleh dari produk daging-dagingan, atau pada kerak panci dan wajan.

“Sejauh ini saya belum menemukan referensi terkait kol, terong, atau sayur goreng lain dan kaitannya dengan senyawa amina heterosiklik. Ada kemungkinan senyawa tersebut diperoleh dari kerak panci atau wajan, bukan pada sayurnya,” kata ahli gizi Mochammad Rizal dari Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA).

Lets to video…

Terlepas dari ada tidaknya kandungan senyawa tersebut pada kol goreng, kudapan ini memang tidak baik dikonsumsi tiap hari. Kol goreng yang diolah dengan banyak minyak mengandung lemak yang tinggi. Lemak trans berisiko buruk bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Rizal menyarankan menggoreng dengan sedikit minyak bila hendak makan kol goreng atau asupan lain. Jika mengolah daging jangan lupa tambahkan tomat, wortel, dan sayuran tinggi antioksidan lain untuk menurunkan kandungan amina heterosiklik.

BILA ANDA LUKA SEGERA HUBUNGI

PUSAT PERAWATAN LUKA NCI CENTRE KALIMANTAN
KONSULTASI GRATIS

KLIK DI SINI

Baca Juga Artikel Lainnya : 

Cara mengatasi perut kembung di pagi hari dengan mengonsumsi 10 buah ini

Penghasil kalsium selain susu, 6 makanan dengan tinggi kalsium

MATERI PERKULIAHAN SISTEM PENCERNAAN 2

Tinggalkan Balasan