Tangan gemetar apa penyebabnya?, untuk konsultasi masalah luka anda di nci sungai kunjang 085250575811

Apakah Anda pernah mengalami tangan gemetar? Tangan gemetar bisa terjadi kapan saja, misalnya saat Anda selfie, memegang secangkir teh, atau ketika menulis. Kondisi ini umumnya terjadi ketika Anda lapar, takut, ataupun kedinginan. Berikut ulasannya dalam rangkuman Tangan gemetar apa penyebabnya?, untuk konsultasi masalah luka anda di nci sungai kunjang 085250575811

Namun tak berhenti disitu, terdapat banyak beragam kondisi lain yang dapat menyebabkan tangan Anda gemetar. Di samping tidak nyaman, tangan gemetar tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Beragam penyebab tangan gemetar

Berdasarkan penyebabnya, tangan gemetar dapat berlangsung secara sementara hingga menetap untuk waktu yang lama. Selain itu, gerakannya juga bisa berlangsung ringan ataupun berat. Beberapa penyebab gemetar pada tangan, yaitu:

  1. Stres

Ketika pikiran mengalami stres karena akan menghadapi hal yang menegangkan atau menyeramkan, saraf-saraf Anda akan bekerja ekstra keras. Hal ini dapat membuat tangan jadi gemetaran dan jantung berdetak kencang.

  1. Tremor esensial

Tremor esensial adalah suatu kondisi di mana bagian tubuh tertentu mengalami gemetaran ketika hendak digerakkan. Kondisi ini menjadi alasan paling umum tangan gemetar saat melakukan sesuatu. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun hal ini dikaitkan dengan perubahan gen.

  1. Kurang tidur

Apakah Anda suka begadang? Jika iya, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk ini. Kurang tidur ternyata mampu menyebabkan otak memberikan pesan keliru pada tangan sehingga menjadi bergetar. Selain itu, konsentrasi Anda juga bisa terganggu.

  1. Terlalu banyak mengonsumsi kafein

Saat ini, kebiasaan minum kopi tengah banyak digandrungi. Namun, kafein yang terkandung dalam kopi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan tangan gemetar hingga masalah pencernaan. Tak hanya pada kopi, kafein juga dapat ditemukan dalam teh, minuman bersoda, dan minuman ringan.

=============== WATCH THIS VIDEO ===============

  1. Gula darah rendah

Pernahkah mengalami tangan gemetar saat lapar? Kondisi ini memang benar adanya. Ketika tidak mendapat cukup makan, kadar gula darah akan turun dan menjadi rendah. Imbasnya, saraf dan otot bisa menjadi bergetar karena tidak mendapatkan asupan gula darah yang memadai.

Selain tidak mendapat cukup makan, obat-obatan tertentu dan terlalu banyak minum alkohol juga bisa membuat gula darah rendah.

  1. Gejala lepas alkohol

Berhenti minum alkohol dari kecanduan dapat membuat Anda merasakan gejala gemetaran tangan. Kondisi ini dimulai setelah 10 jam Anda berhenti minum alkohol, dan dapat berlangsung selama beberapa minggu.

Akan tetapi, Anda tidak perlu takut karena obat-obatan dari dokter dapat membantu meringankan gejala dari berhenti kecanduan alkohol ini.

  1. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Tangan gemetar dapat menjadi efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu. Obat-obatan yang umum menyebabkan masalah ini, yakni obat peningkat suasana hati, obat kejang, migrain, neuropati, asma, dan beberapa antihistamin.

  1. Hipertiroidisme

Getaran pada tangan yang Anda rasakan bisa juga disebabkan oleh hipertiroidisme. Kondisi ini terjadi ketika kadar hormon tiroid dalam tubuh terlalu tinggi sehingga proses metabolisme berlangsung sangat cepat.

Selain tangan gemetar, hipertiroidisme juga dapat menimbulkan gejala, seperti jantung berdebar, berat badan turun drastis, peka terhadap cahaya, dan sulit tidur.

  1. Cedera otak

Cedera fisik pada otak dapat merusak saraf yang berperan mengoordinasikan gerakan. Hal ini dapat menyebabkan getaran pada tangan maupun gejala lain yang membahayakan jika tak segera ditangani.

  1. Multiple sclerosis

Multiple sclerosis adalah penyakit autoimun yang menyerang lapisan saraf myelin. Tangan gemetar menjadi salah satu gejala yang dapat Anda rasakan dari kondisi ini. Namun, gemetar juga dapat terjadi pada bagian tubuh lain. Selain itu, Anda juga mungkin mengalami gangguan penglihatan dan keseimbangan.

  1. Penyakit Parkinson

Jika Anda terkena penyakit Parkinson, maka tangan akan bergetar terus-menerus karena sel-sel otak yang memerintahkan otot-otot untuk bergerak menjadi rusak.

Getaran awalnya hanya memengaruhi satu sisi, namun seiring waktu dapat menyebar ke tangan lain. Selain itu, pergerakan Anda menjadi lebih lambat, mengalami masalah keseimbangan, dan lengan atau kaki menegang.

 

Cara mengatasi tangan gemetar

Mengatasi tangan gemetar dilakukan berdasarkan penyebabnya. Selain itu, berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda mengatasi tremor di tangan:

  1. Mengubah gaya hidup

Membatasi asupan kafein, makan secara teratur, hindari stres, dan rutin berolahraga dapat membantu mengurangi atau menghilangkan tremor.

  1. Olahraga

Berolahraga dapat membantu meningkatkan kontrol, fungsi, dan kekuatan otot, serta meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh.

  1. Melakukan relaksasi

Yoga, meditasi, dan latihan pernapasan dapat membantu Anda untuk rileks sehingga perasaan cemas yang menyebabkan tangan gemetar dapat hilang.

  1. Menggunakan obat-obatan

Dokter mungkin akan memberi Anda obat beta-blocker propranolol, obat penenang, obat antikejang, atau suntikan botox untuk meredakan tremor yang terjadi.

 

Jika tangan gemetar tidak kunjung berhenti, serta tidak merespons pengobatan yang diberikan sehingga mempersulit kehidupan sehari-hari Anda, maka dokter akan merekomendasikan stimulasi otak dalam (deep brain stimulation).

Pada prosedur ini, dokter akan menanamkan alat untuk memblokir sinyal abnormal sehingga dapat mengendalikan gerakan tak sadar. Selalu konsultasikan pada dokter bila Anda mengalami tangan gemetar yang tak kunjung membaik, sering terjadi, atau disertai gejala lain.

BILA ANDA LUKA SEGERA HUBUNGI

PUSAT PERAWATAN LUKA NCI CENTRE KALIMANTAN
KONSULTASI GRATIS

KLIK DI SINI

 

Baca Juga Artikel Lainnya :

Jantung berdebar seperti saat dekat dengan doi

Jangan Sepelekan 8 gangguan kesehatan ini

Tinggalkan Balasan